Pencarian Suara Segenap Pengetahuan Manusia sudah dimulai! Sebuah kompetisi pencarian logo suara untuk Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia.

Siaran pers ini juga tersedia dalam bahasa: اَلْعَرَبِيَّةُ, 中文, Deutsch, English, Español, Français, हिंदी, Русский, Português, & 한국어.

Pembaharuan: Kompetisi Suara Segenap Pengetahuan sudah resmi ditutup. Pemungutan suara untuk 10 finalis logo suara akan berlangsung dari tanggal 619 Desember 2022 melalui Wikimedia Commons. Pemenang akan diumumkan pada tahun 2023. Dari tanggal 13 September sampai 10 Oktober 2022, kami menerima 3.235 karya dari 2.094 peserta yang berasal dari 135 negara. Silakan pelajari lebih lanjut tentang informasi ini melalui pos yang kami terbitkan melalui platformDiff.

13 September 2022 — Hari ini, Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba di balik Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia, meluncurkan Suara Segenap Pengetahuan Manusia, sebuah ajang kompetisi tingkat dunia untuk menemukan logo suara yang kelak akan dipergunakan untuk Wikipedia dan proyek Wikimedia lainnya. Pengajuan karya akan dibuka dari hari ini hingga 10 Oktober 2022 mendatang melalui situs soundlogo.wikimedia.org

Logo suara merupakan suara atau audio berdurasi pendek yang biasanya dipergunakan untuk mewakili suatu jenama dalam ranah audio dan audiovisual. Logo suara mulai diperhitungkan dan akhirnya dikenal banyak orang seiring dengan peningkatan penggunaan teknologi berbasis suara. Saat ini jumlah pengguna aktif untuk aplikasi asisten berbasis suara meningkat dari 544,1 juta pengguna pada tahun 2015 menjadi 2,6 miliar pengguna pada tahun 2021.

Proyek Wikimedia telah memberikan sumber daya ke berbagai macam perangkat asisten berbasis suara dalam hal penyediaan informasi pengetahuan umum yang selama ini disediakan oleh mereka. Logo suara tentu memiliki peran penting agar orang yang mendengarkan bisa langsung mengetahui bahwa informasi yang mereka dapatkan berasal dari Wikipedia atau situs Wikimedia lainnya. 

“Seiring dengan banyaknya orang yang menemukan pengetahuan dengan berbagai macam cara, jenama Wikimedia harus juga bisa muncul dalam beragam bentuk,” ungkap Zack McCune, Direktor Jenama dari Yayasan Wikimedia. “Melalui ajang kompetisi ini, para peserta diminta untuk mengajukan gagasan terkait suara manakah yang bisa mewakili pengetahuan bebas? Kami membuat kompetisi ini dengan tujuan agar pertanyaan tersebut bisa terjawab, serta bisa mencerminkan kearifan urun daya dari proyek dan gerakan Wikimedia.”

Kompetisi ini dirancang oleh Yayasan Wikimedia dengan proses konsultasi yang erat bersama dengan para anggota gerakan Wikimedia, yaitu para sukarelawan yang menulis dan menyunting Wikipedia dan proyek Wikimedia lainnya. Format kompetisi didasarkan pada kompetisi logo yang sudah pernah dijalankan oleh para sukarelawan sebelumnya, misalnya kompetisi pada tahun 2003 untuk versi awal dari logo kepingan bola dunia Wikipedia. Pembukaan ajang kompetisi untuk tingkat dunia ditujukan agar kompetisi ini bisa mencerminkan semangat keterbukaan dan gotong royong yang selama ini menjadi ciri khas proyek Wikimedia serta gerakan pengetahuan bebas. 

Pengajuan karya akan ditinjau oleh komite pemilihan yang terdiri atas tujuh kontributor sukarela Wikimedia bersama dengan lima ahli suara dan seorang ahli musik yang berhasil dihimpun oleh MassiveMusic. Para anggota komite dengan keahlian masing-masing akan membantu proses pengerucutan ajuan karya sehingga sepuluh karya terbaik bisa diperoleh. Logo tersebut harus mudah diingat, bisa diadaptasi untuk berbagai perangkat audio, serta mencerminkan nilai yang dipegang gerakan Wikimedia. Setelah itu, kesepuluh karya tersebut akan melalui tahapan pemungutan suara untuk memilih logo pemenang dari tanggal 29 November 2022.

Pada awal tahun 2023, pemenang logo suara akan diumumkan. Pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar 2.500 dolar Amerika Serikat (USD $) serta hadiah perjalanan ke studio rekaman. Pemenang akan berkesempatan untuk merekam ulang logo suara mereka dengan bantuan MassiveMusic. Kesepuluh finalis juga akan mendapatkan cendera mata logo suara edisi khusus.

“Kompetisi logo suara dirancang berdasarkan proses penyelenggaraan kompetisi foto tingkat dunia serta kompetisi logo visual yang selama ini diselenggarakan oleh gerakan kita. Selain itu, kompetisi ini juga membawa jenama Wikimedia ke ranah baru, yaitu ranah audio,” ujar Lodewijk Gelauff, salah satu pemrakarsa kompetisi tingkat dunia bernama Wiki Cinta Monumen (Wiki Love Monuments) serta salah satu dari tujuh orang kontributor yang tergabung sebagai anggota komite pemilihan. “Untuk gerakan Wikimedia, logo suara adalah suatu keniscayaan dari zaman dahulu. Kami bersukacita karena bisa membawa pengetahuan yang kami miliki serta bekerja sama dengan para ahli suara serta gerakan Wikimedia secara umum untuk kompetisi ini. Sehingga, kelak diharapkan kita bisa menemukan logo suara yang yang bisa mewakili gerakan kita serta mampu menghubungkan pengetahuan Wikimedia dalam lintas platform.”

Kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia mendukung arahan strategi gerakan 2030, khususnya dalam bidang Inovasi Pengetahuan Bebas.

“Hal yang membahagiakan bagi kami karena bisa bekerja secara lebih dekat dengan para sukarelawan serta Yayasan Wikimedia melalui proyek yang unik dan berpandangan jauh ke depan. Saat ini, dunia digital dengan titik sentuh awal dalam bidang audio sudah jauh lebih berkembang, dari mulai media sosial, pengeras suara pintar, penyedia layanan siaran video, siniar, dan beragam aplikasi lainnya. Tujuan bersama kami yaitu untuk memastikan agar konten Wikimedia bisa terwakilkan dalam ranah audio, baik saat ini maupun di masa mendatang,” kata Aifric Lennon, Account Director dan Research Strategist dari MassiveMusic. “Musik memiliki kemampuan khusus dan bisa menembus batas serta mempersatukan beragam komunitas. Kami tidak sabar untuk bisa meninjau logo suara yang diajukan oleh para peserta dari seluruh dunia serta membantu gerakan pengetahuan bebas Wikimedia untuk bisa menemukan suara pemersatu yang bisa mewakili nilai yang dikandungnya.”

Narahubung untuk media

press@wikimedia.org 

Tentang Yayasan Wikimedia 

Yayasan Wikimedia merupakan organisasi nirlaba yang mendukung Wikipedia serta proyek pengetahuan bebas Wikimedia lainnya. Visi kami yaitu suatu dunia tempat setiap manusia bisa berbagi segala pengetahuan secara bebas. Kami percaya bahwa setiap orang mempunyai potensi masing-masing untuk berbagi pengetahuan secara bersama-sama dan setiap orang harus bisa mengakses pengetahuan tersebut secara bebas. Kami mendukung Wikipedia dan proyek Wikimedia lain melalui pengembangan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membaca, berkontribusi, dan berbagi konten Wikimedia; mendukung anggota komunitas sukarela dan mitra yang telah mendukung keberadaan Wikimedia; serta, dalam hal advokasi kebijakan yang mampu membuat Wikimedia dan pengetahuan bebas bisa terus berkembang. Yayasan Wikimedia merupakan organisasi bebas pajak Amerika Serikat 501(c)(3) dan berlokasi di San Francisco, California, Amerika Serikat. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia, sila kunjungi situs soundlogo.wikimedia.org.

Sound logo frequently asked questions (FAQ)